Kata adalah senjata

 Belajar Menulis gel.16

Resume 1, 5 Oktober 2020

Narasumber    : Abdul hakim

Moderator     : AAM Nurhasanah


 

Kata adalah senjata

     Pembuka luarbiasa pembelajaran hari ini dengan kalimat bijak: Membaca adalah gerbang utama sekaligus kunci pembuka bagi yang ingin menggenggam keberhasilan. (Abdul Hakim Busro)

    Dengan membaca akan menambah perbendahraan kata kita jika ingin mengembangkan kemampuan menulis yang mumpuni yang bisa menarik perhatian banyak pembaca akan karya kita. Bagaimana kita harus mampu menghipnotis pembaca dengan kalimat-kalimat maut yang mampu meluluhkan hati pembaca dengan terus mengintip karya kita tanpa bosan.     

    Benar sekali yang dijabarkan narasumber untuk mengaktifkan kosa kata lebih banyak dengan membaca, membaca, dan membaca. Kemudian gunakan secara aktif kosakata dalam menulis, berbicara atau dalam komunikasi efektif. Membaca dapat membuat otak tetap aktif dan bereaksi untuk melakukan fungsinya secara baik. Membaca dapat memperkuat kemampuan berpikir dan menganalisis. Membaca merupakan ajang rekreasi.

    Seyogyanya, dalam menulis menggunakan bahasa yang baku dan tetap menggunakan bahasa yang mampu menarik perhatian pembaca. Upayakan membaca banyak hal, tidak hanya tergantung pada topik tertentu sehingga kita mampu meramu berbagai kata dalam tuangan inspirasi yang kita ciptakan. 

Upayakan memberbanyak perbendahaan kata, karena kata adalah senjata dalam meramu sebuah karya.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reward untuk mencintai dunia menulis

Semakin dibagi semakin tak terbatas

Kisah Perjalanan yang Berkah