Nge-blog Kalimat Bahagia dari Mr. Bams

 Resume 6

Assalamualaikum wr. wb.

Ini loh narasumber belajar menulis hari ini, Mr. Bams dengan inspirasi "Kalimat Bahagia"

Yuks intip kutipan menariknya lewat blog ini ya...

Jangan bosan berkunjung...




         Definisi bahagia masing-masing kita berbeda, sesuai dari sudut pandang kita menikmati dan mencari bahagia itu seperti apa. Namun, Mr. Bams menyuguhkan tips yang patut kita coba  memaknai kata bahagia/kata motivasi dalam memulai hari-hari menjalani aktivitas. Tanpa kita sadari, mungkin bisa jadi pembiasaan yang bermanfaat seperti yang narasumber paparkan malam ini. Berikut ini pemaparan beliau yang sudah saya rangkum: 



            Blog akan menjadi media untuk mendokumentasikan tulisan kita berdasarkan pengalaman, hobi, pekerjaan, atau latar belakang kehidupan. Melalui belajar menulis ini setiap peserta diajak untuk membuat blog sehingga segala aktivitas menulis dapat didokumentasikan dalam blog. Mr. Bams memberikan pemaparan terkait harus konsisten dalam mengelola blog dan mengajak agar guru-guru mempunyai blog. Bahkan tak tanggung-tanggung beliau membuat kelas blog/wordpress sebagai wadah. Sangat luarbiasa.

        Mr. Bams juga membuat tutorial di youtube tentang cara membuat blog agar membantu para guru untuk memahmi dalam pembuatan blog. Beliau memfasilitasi kelas blog dengan tanya jawab setiap selasa agar sharing lebih intens terkait pembuatan/penggunaan blog.

       Salah satu hal yang menjadi pamungkas beliau dalam pembelajaran malam ini adalah kalimat bahagia Mr. Bams. Saya salah satu pecinta quote-quote/kalimat-kalimat motivasi. Tak jarang di sosial media instagram atau facebook, saya sangat suka membaca quote motivasi sembari memperdalam kosakata agar bisa menulis puisi. Karena menurut mindset saya salah satu agar bisa menciptakan kata-kata menarik dalam puisi adalah dengan rajin membaca quote/kalimat motivasi dan berselancar juga dengan rajin membaca buku. Beliau sangat inspiratif dengan ingin selalu menebarkan kalimat-kalimat bahagia/kalimat semangat yang setiap hari beliau lakukan diweb yang dikelolanya. 

       Saya sempatkan berkunjung ke blog beliau dan menemukan beberapa kalimat bahagia dan saya kutip diresume ini sebagai bahan motivasi untuk menulis. Kalimat bahagia ke-12, "setiap aktivitas adalah pembuktian dari pelaksanaan sebuah proses dengan kesungguhan kemudian nikmatilah apapun hasilnya dengan suka cita". Kalimat bahagia ke-13, "hadirkan doa setiap detik dihatimu, itulah yang membuat jiwa mu tenang dan bahagia". Kalimat ini sebagai pengingat dalam menulis bahwa kita harus melakukan segala sesuatu dengan kesungguhan dan suka cita.

        Mr. Bams juga aktif mengembangkan gerakan literasi diberbagai komunitas. Beliau membagikan tips bagaimana agar menstimulus kalimat bahagia/menulis yaitu dengan menerapkan pembiasaan saling memberikan dan menerima kalimat bahagia dalam keluarganya dengan beberapa kata yang digunakan. Dalam keluarga, beliau juga menerapkan pembiasaan dengan mencek sudah sampai surat dan ayat keberapa dalam membaca alquran. 

       Mr. Bams mengungkapkan bahwa dalam mengelola blog harus mau belajar dengan tekun, rajin berlatih, harus sabar, konsisten, agar menunjang kita mampu dalam membuat blog, buku atau dalam mengajar.     Sosok mario teduh ini (mari ayo tenang dalam urusan hidup) membagikan kalimat bahagia, "dalam urusan menulis lakukan dengan riang gembira, suka cita, dan tulis apapun yang ingin ditulis dan post apa saja karena tulisan itu bisa dinikmati oleh siapa pun di dunia ini maka rajin menulis dan rajin posting".

Langkah awal menulis di blog WordPress ala Mr. Bams:

  1. Kuasai terlebih dahulu bagaimana mengelola blog di WordPress
  2. Belajar posting di blog
  3. Simpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog
  4. Sebagai penulis pemula, menulislah dari apa yang kita sukai.
  5. Kuatkan komitmen atau kemauan untuk tetap mau menulis. 
  6. Sering membaca buku atau postingan blog yang lain bisa memotivasi diri agar selalu ingin menulis.

        Jurus mengelola blog yang baik agar mudah dikenal banyak orang ala Mr. Bams: 

  1. Rajin posting
  2. Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)
  3. Kuasai tampilan yang disediakan oleh blog, dan harus mau mencoba dan berlatih. Isi blog baiknya apa ? Isi sesuai kebutuhan yang kita perlukan dan apa yang kira-kira apa yang ingin disampaikan kepada para pembaca.

    Pembelajaran malam ini disimpulkan dengan tips ala Mr. Bams

  1. Menulislah dengan ketulusan. Menulis bukan hanya bertujuan mengejar pengakuan dari selembar kertas (sertifikat). Jadikanlah menulis sebagai cara memanjakan umur kita, boleh kita meninggal akan tetapi tulisan kita bisa dikenang sepanjang zaman.
  2. Jadikanlah blog sebagai media penyimpanan tulisan bapak ibu guru. Teruslah belajar mengelola blog yang disukai. Tidaklah membandingkan blog yang satu dengan yang lain. Pelajari terus blog yang sekarang dipelajari.
  3. Berlatih kemudian menulis dan simpanlah di blog.

        Mr. Bams mengungkapkan bahwa, usaha dan doa tak akan sia-sia. Tak hanya membiasakan kalimat bahagia, membaca buku-buku atau membudayakan literasi, namun juga membiasakan membaca Al-Quran/mentadaburri. Ayat pertama yang diturunkan Allah ke bumi adalah "Iqra'" yang berarti, "bacalah". Baca dengan baik dan benar, membaca dengan mengetahui artinya, dan membaca dengan memahami maknanya.

        Semakin banyak membaca akan semakin banyak tau. Semakin banyak tau, maka jangan jadikan hal itu untuk menghakimi/merendahkan orang lain. Karena diamnya seseorang, mungkin ia sedang bergelut dengan fikirannya untuk menciptakan tulisan yang menarik dalam hidupnya. Kalimat Bahagiaku malam ini.

Sahabat bloger, semoga bermanfaat. Salam literasi.

Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih bu aam yg selalu semangat memotivasi juga...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih mr. Bams salah satu inspirator belajar menulis gel.16. Smoga kami terus byk belajar ilmunya

      Hapus
  3. Salam literasi juga Bu.

    Resumenya menarik dan bisa menambah semangat bagi y baca.

    Sukses terus ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak. Smoga makin lebih baik lagi. Salam literasi

      Hapus
  4. Bagus sekali resumenya, bahasanya mudah dimemgerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu. Masih terus belajar nih. Sama2 semangat juga ibu

      Hapus
  5. Terima kasih om jay. Smoga bisa terus belajar dari om jay..

    BalasHapus
  6. Resumenya mantap. Penutupnya, suka! Tinggal dipoles pengantarnya saja, Bu. Tabik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas sarannya pak. salam literasi

      Hapus
  7. Resume nya mengalir enak dibaca. Mantap Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pak. semoga makin bisa merangkai kata lagi. salam literasi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reward untuk mencintai dunia menulis

Semakin dibagi semakin tak terbatas

Kisah Perjalanan yang Berkah