Kisah Perjalanan yang Berkah

 

Resume 19

Narasumber   : Bapak Taufik Hidayat

Moderator      : Bu Aam

Kelas Menulis bersama Om Jay


 

Resume ini merupakan rangkaian kegiatan yang ke-19 belajar menulis bersama Om Jay gelombang 16. Saya mencoba mengejar ketertinggalan dan mengumpulkan kembali informasi terkait pembelajaran malam itu.

Awal membaca, saya sudah sangat terkesima dengan profil narasumber yang sangat luar biasa, Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.Si. Beliau adalah seorang dosen dan penulis buku yang sudah keliling 70 negara dan 5 benua. Pak Taufik Hidayat memiliki nama pena, TAUFIK UIEKS.

Cerita pertama yang menarik sekali yang dikirim oleh Bu Aam, moderator yang supel, ramah, dan kece di gelombang 16, sebagai salah satu bahan materi belajar malam itu adalah artikelnya yang berjudul “Kisah misteri pertemanan hantu broadaway di Newyork”. Setelah say abaca, mashallah tulisannya mengalir dengan luar biasa dan sangat cepat melekat oleh pembaca. Seolah-olah bisa merasakan bagaimana tulisan itu disampaikan dan bisa dinikmati dengan baik oleh pembaca. Keren sekali Pak Taufik Uieks.

Malam itu, Pak Taufik mulai berbagi cerita dengan pengalaman menulisnya berdasarkan perjalanan. Dimana, tulisan itu dari suatu kisah perjalanan menjelma menjadi tulisan berbentuk artikel atau bahkan buku. Kisah perjalanan Pak Taufik banyak ditulis di blog dan majalah, seperti majalah Intisari, majalah angkasa, majalah colour Garuda, dan lain sebagainya.  Bahkan menjadi buku, berikut ini beberapa buku karangan beliau:

  1. Mengembara ke masjid-masjid di pelosok dunia (Peniti Media tahun 2015)
  2. 1001 Masjid di 5 Benua (Mizan 2016)
  3. Jejak langkah menuju Baitullah jilid 1-3 Tahun 2020
  4. Tamasya ke Masa Depan Jilid 1-2

Pak Taufik menuliskan semua kisah-kisah perjalanan ini mulai dari sekitar tahun 2004. Kisah-kisah ini menjadi rangkaian menarik yang pak taufik torehkan sebagai kenang-kenangan beliau karena sudah mengunjungi tempat tersebut dan juga bisa sebagai sarana berbagi pengalaman bagi pembaca. Sesuai yang Pak Taufik paparkan bahwa dengan melakukan perjalanan apalagi ke mancanegara kita dapat pengalaman tentang budaya,bahasa, kebiasaan dan sejarah tempat yang dikunjungi.

Kisah perjalanan bisa kita jadikan bahan tulisan yang menarik. Tips dari Pak Taufik jika kita melakukan suatu perjalanan yaitu:

  1.  Mengamati 
  2.  Membuat foto
  3.  Diskusi wawancara 
  4.  Mencari informasi tambahan
  5. Mencari keunikan
  6. Merangkum dalam tulisan 

Sosok yang dilahirkan tahun 1961 di propinsi paling selatan pulau Sumatra sudah banyak mnuliskan berbagai artikel, salah satunya yang pertama saya baca adalah https://risalahmisteri.com/detail/541/kisah-misteri-pertemanan--hantu-broadway-di-newyork, kemudian https://www.kompasiana.com/taufikuieks/5a40b82edd0fa828025c0293/begina-suasana-masjid-megah-nan-sepi-dengan-dua-imam-di-baku-azerbaijan, teman-teman bisa berkunjung ke laman tersebut dan membaca artikel/tulisan beliau yang menarik lainnya.

Adapun tips sukses menulis dari Pak Taufik

  1.  Motivasi yang merupakan keinginan untuk selalu maju dan lebih baik dari sebelum nya.
  2.  Memiliki mimpi dan keinginan yang kuat.
  3.  Usahakan kita mencari hal unik yang ada di suatu tempat, sejarah yang menarik, judul yang bikin penasaran sebagai rahasia perjalanan agar menjadi tulisan yang menarik.
  4.   Adanya target dalam menulis.
  5. Temukan kelebihan kita dan kembangkan kemampuan kita berdasarkan gaya menulis kita sendiri.

Pak Taufik yang berkarir di dunia penerbangan membawa beliau keliling ke berbagai Negara di dunia. Mengantarkan beliau menjadi penulis hebat dengan kisah-kisah perjalanan yang menarik. Dan sangat tidak menarik jika melewatkan resume ini tanpa menjabarkan paparan materi dan pengalaman dari beliau.

Bermimpi, adalah kata ampuh dalam berangan dahulu untuk menyampaikan maksud walaupun itu jadi kenyataan atau tidak, asalkan kita berani bermimpi. Bahkan dengan mimpi, sesuatu yang mustahil bisa jadi mungkin hingga nyata. Walaupun itu hanya terbesit dalam hati, suatu saat tanpa sengaja bisa saja jadi kenyataan, dan ini pernah saya alami sendiri. Karena taka da yang tak mungkin jika ALLAH sudah berkehendak. Ini yang saya tangkap dari setiap perjalanan Pak Taufik, beliau juga merupakan sosok yang religious, dan menurut saya orang-orang hebat itu selalu dekat dengan tuhan dan menjadikan tuhan sebagai pusat utama dalam hidupnya.

Kalimat bahagia malam ini saya kutip dari motto hidup Pak Taufik:

“Hidup adalah suatu perjalanaan, karena itu kita harus selalu siap akan kejutan-kejutanNya yang nikmat”. (Taufik Uieks)

Yang penting adalah kita semua harus tetap optimis dalam keadaan sesulit apapun juga. Karena tak ada yang tak mungkin bagi ALLAH jika sudah berkehendak, maka bekerja keraslah.

Sahabat bloger, semoga bermanfaat. Salam literasi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reward untuk mencintai dunia menulis

Semakin dibagi semakin tak terbatas